Selamat Datang di IISA - Assessment, Consultancy & Research Centre

  • (031) 879 7117 (Surabaya)

  • (021) 537 3482 (BSD Tangerang)

  • (031) 879 7117 (Surabaya)

  • (021) 537 3482 (BSD Tangerang)

Metode Analisis Isi
Metode Analisis Isi

Metode Analisis Isi

IISA Assessment, Consultancy & Research Centre berpengalaman melakukan analisis isi baik kuantitatif, maupun kualitatif mulai dari upaya untuk menghitung elemen tekstual yang nyata (jumlah kata atau penggalian konten obyektif) hingga mengeksplorasi makna yang mendasari pesan fisik dari suatu volume teks (pola, tema).

Metode ini dapat digunakan tidak sekadar untuk mengetahui seberapa tingkat signifikansi secara statistik dari suatu konsep atau teks tertentu, namun juga dapat mengetahui gambaran jangkauan arti dari makna yang ada di balik tema-tema unik suatu teks dan menghasilkan deskripsi atau tipologi (ekspresi dari produsen teks) yang mencerminkan bagaimana mereka melihat dunia sosial.

Metode ini dapat menggunakan data teks, beberapa di antaranya seperti berita utama surat kabar dan artikel, dokumen sejarah, pidato, iklan, buku, esai, wawancara, diskusi, atau percakapan formal-informal.

Analisis isi, dalam prosesnya, memilih sampel melalui data teks yang dipilih menggunakan random sampling atau pendekatan probabilistik lainnya. Juga melalui teks-teks yang dipilih secara purposif dan berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan penelitian.

 

© 2017 IISA VISI WASKITA | Multiple Intelligences Consultant | Developed by Jasa Pembuatan Website.