Selamat Datang di IISA - Assessment, Consultancy & Research Centre

  • (031) 879 7117 (Surabaya)

  • (021) 537 3482 (BSD Tangerang)

  • (031) 879 7117 (Surabaya)

  • (021) 537 3482 (BSD Tangerang)

Riset & Analisis

Riset & Analisis

Observasi & Wawancara, Metode Survey, Metode Kuantitatif, Metode Kualitatif, Analisis Konten, Metode Perencanaan Skenario, Metode Q, Metode Gabungan

OBSERVASI & WAWANCARA →


Observasi dan wawancara adalah dua di antara sekian metode penelusuran dan pengumpulan data. Meski dua metode tersebut dapat diterapkan secara mandiri, namun dengan memadukan keduanya, data yang diperoleh semakin lengkap dan kaya. Kemampuan untuk merancang, merencanakan, dan melakukan kedua metode ini merupakan keterampilan utama yang harus dimiliki peneliti.

METODE SURVEY →


IISA Assessment, Consultancy & Research Centre Divisi Penelitian Survey melakukan survei di tingkat lokal, regional, dan nasional. Pengalaman survei kami meluas di berbagai populasi penelitian termasuk rumah tangga umum (dewasa dan orang tua) dan populasi khusus seperti: anak-anak, remaja, kelompok budaya etnis dan lainnya, kelompok-kelompok yang sedang berkonflik, anggota MPR/DPR, Kejaksaan, aktivis LSM, Komnas HAM, administrator sekolah dan guru, informan kunci dari dunia usaha,  dan pemerintah daerah.

POLLING (METODE KUANTITATIF) →


IISA Assessment, Consultancy & Research Centre berpengalaman melakukan polling untuk mengumpulkan pendapat, sikap, keyakinan, perilaku, dan informasi sosial lainnya dari kelompok sampel individu. Jajak pendapat ini melayani berbagai tujuan, dan dapat dilakukan melalui telepon, surat, website, atau secara perjumpaan pribadi.

METODE INFERENSIAL (METODE KUANTITATIF) →


IISA Assessment, Consultancy & Research Centre membantu Anda membuat prediksi atau kesimpulan tentang populasi dari pengamatan dan analisis sampel. Artinya, kami dapat membantu Anda mencapai hasil analisa melalui analisis sampel yang digeneralisasikan ke populasi yang lebih besar.

METODE EKSPERIMENTAL (METODE KUANTITATIF) →


IISA Assessment, Consultancy & Research Centre membantu Anda memastikan apakah hubungan sebab-akibat ada di antara dua atau lebih variabel. Untuk itu, kami membantu peneliti menemukan cara memanipulasi secara langsung penyebab (variabel independen), prosedur untuk mengacak komposisi individu di berbagai tingkat variabel independen, dan mengukur respon mereka (efek yang diharapkan).

METODE KONFIRMATORI / UJI MODEL (METODE KUANTITATIF) →


IISA Assessment, Consultancy & Research Centre membantu Anda menguji apakah suatu model benar-benar "signifikan". Masalah ini tidak mudah diselesaikan, terutama karena masih belum jelas cara terbaik mana yang tepat untuk menarik inferensi dalam konteks analisis data secara eksploratif, di mana Anda harus menguji secara statistik seluruh hipotesis nol, atau menguji hipotesis alternatif pada batas zona atau lokalitas pemahaman tertentu.

METODE KUALITATIF →


Metode kualitatif berkaitan dengan studi manusia dalam konteks alamiah. Metode ini menggunakan berbagai alat dan teknik untuk mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana manusia melihat realitas sosial mereka, bagaimana mereka bertindak dalam dunia sosial, bagaimana mereka berusaha membuat hubungan antara peristiwa, persepsi dan tindakan; sehingga analisis yang dibuat tentang mereka harus holistik dan kontekstual. Namun demikian, IISA Assessment, Consultancy & Research Centre sangat berhati-hati menekankan keragaman dan berbagai pendekatan kualitatif.

ANALISIS KONTEN →


IISA Assessment, Consultancy & Research Centre berpengalaman melakukan analisis isi baik kuantitatif, maupun kualitatif mulai dari upaya untuk menghitung elemen tekstual yang nyata (jumlah kata atau penggalian konten obyektif) hingga mengeksplorasi makna yang mendasari pesan fisik dari suatu volume teks (pola, tema).

METODE PERENCANAAN SKENARIO →


Perencanaan Skenario (scenario planning) merupakan metode untuk menciptakan dan menyusun dua atau lebih skenario yang masuk akal tentang apa yang MUNGKIN dan/atau DAPAT—bukan SEHARUSNYA-- terjadi di masa depan, yang disajikan dalam bentuk deskripsi atau cerita-cerita. Metode ini digunakan untuk membantu individu, tokoh formal-informal, pembuat kebijakan, dan pemimpin memahami alternatif-alternatif masa depan dan mengidentifikasi langkah-langkah yang dapat menyebabkan hal-hal tersebut muncul.

METODE Q →


Metode penelitian ini merupakan gabungan antara metode pengumpulan data individu intensif dan analisis data kuantitatif. Q metodologi mengharuskan subjek penelitian mengurutkan bobot pendapat (disebut Q-sortasi) dan menempatkan mereka dalam kelompok-kelompok di sepanjang kontinum.

METODE GABUNGAN →


Dari sekian banyak metode yang dikembangkan, bagi IISA Assessment, Consultancy & Research Centre metode campuran menempati prioritas terdepan. Yang dimaksud ialah metode yang menggabungkan antara pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini melibatkan penggunaan konsep ganda, di mana Anda tidak hanya menjawab pertanyaan penelitian, tetapi juga memperluas ke metode penelitian yang lebih relevan.

© 2017 IISA VISI WASKITA | Multiple Intelligences Consultant | Developed by Jasa Pembuatan Website.